Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
perhitungan biaya wisata

Tips Menaikan Omzet Penjualan Bisnis Travel di Indonesia

Omzet penjualan bisnis travel anda sedang sepi pembeli? dan ingin tahu bagaimana cara efektif untuk menaikan omzet penjualan bisnis travel dengan cara yang fair, tetap untung dan bisa berjalan dengan stabil? maka saya akan tuliskan sejumlah tips yang kalau dijalankan sesuai dengan apa yang sudah saya berikan didalam artikel tips ini maka Insha Allah omzet penjualan bisnis travel anda bisa meningkat naik secara perlahan-lahan. Apa saja tips tersebut?

Konsep Bisnis Travel

Contoh Situs Wisata Terkenal

Konsep bisnis dunia travel itu bermacam-macam jenisnya seperti bisnis travel yang hanya menyediakan penjualan tiket transportasi dan ada juga yang menjadi EO travel (tour guide). Bisnis travel adalah sebuah usaha yang termasuk kedalam kategori bidang jasa pelayanan. Khusus untuk jenis usaha travel yang berhubungan dengan travel guide adalah konsep yang diusung oleh pengusaha travel adalah memberikan layanan kemudahan kepada para traveler (calon wisatawan) yang ingin pergi liburan. Dengan layanan jasa travel ini maka konsumen cukup membeli paket-paket wisata yang sudah ditawarkan secara paket oleh para bisnisman kemudian membayar biaya wisata sesuai dengan harga.

Langkah selanjutnya pihak jasa travel atau kerap disebut juga dengan agen atau biro wisata tour dan travel untuk mengurus segala keperluan diluar keperluan pribadi konsumen seperti menyiapkan tiket (alat transportasi), menyiapkan akomodasi, menyiapkan pemandu wisata (tour guide) atau pada intinya seluruh hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas wisata mulai dari keberangkatan hingga kembali pulang semuanya diatur oleh si biro wisata tersebut.

Sumber Omzet Penjualan Bisnis Travel

Sumber omzet dari usaha travel wisata ini berasal dari penjualan paket wisata yang dijualnya. Pada dasarnya perhitungan harga yang dipergunakan oleh para pengusaha biro travel adalah sama saja dengan perhitungan lainnya yakni memerinci berapa cost keseluruhan untuk memberangkatkan wisatawan kemudian dari tiap cost tersebut pihak agen wisata akan melebihkan biaya sebagai keuntungan yang diambilnya. Contoh perhitungan cost untuk menentukan harga sebuah paket wisata dapat anda lihat melalui tabel dibawah ini yang berupa perhitungan harga paket wisata ke Kepulauan Seribu Jakarta.

Contoh Perhitungan Cost

Dibawah ini merupakan contoh perhitungan cost biaya wisata ke Pulau Tidung yang saya ambil dari situs travel Pulau Tidung ini:

[table “” not found /]

Harga tertera didalam tabel tersebut adalah harga cost (expense) atau harga dasar. Dari harga tersebut kemudian di perhitungkan lagi (ditambahkan) biaya jasa yang kemudian hasil perhitungannya akan menjadi harga paket wisata ke Pulau Tidung.

Bila anda perhatikan di setiap situs-situs biro travel di Pulau Seribu semuanya menerapkan jumlah kuota harga, semakin banyak peserta wisata wisata yang ikut didalam grup wisatawan maka harga paket perorangnya akan turun (lihat gambar dibawah).

perhitungan biaya wisata

Nah sekarang anda bisa melihat secara detail perhitungan biaya yang sudah menjadi harga jual. Dari data tersebut kita bisa menilai si pengusaha biro travel di Pulau Seribu ini menggunakan sistem subsidi silang. Penjualan paket wisata yang untungnya lebih tinggi (note: pengusaha biro wisata akan mendapatkan untung lebih tinggi bila berhasil menjual paket wisata untuk jumlah peserta lebih dari 4 orang) dipakai untuk mensubsidi penjualan paket yang untungnya lebih kecil. Lantas bagaimanakah cara untuk meningkatkan keuntungan omzet penjualan dari setiap paket wisata tersebut? berikut ini uraiannya.

Cara Menaikan Omzet (keuntungan) Penjualan Bisnis Travel

Menurut salah seorang pelatih bisnis terkenal di Indonesia Tung Desem Waringin didalam bukunya yang populer Financial Revolution banyak sekali dituliskan tips-tips untuk meningkatkan omzet melalui cara memaksimalkan sales usaha anda (kalau ada uang dan waktu untuk membaca saya sangat rekomendasikan buku tersebut untuk anda baca). Namun pada bagian artikel ini saya tidak ingin menyampaikan apa yang sudah di tuliskan oleh Tung Desem Waringin tapi berdasarkan kasus web travel yang sedang berjalan.

Pemaksimalan Biaya Operasional

Lakukan dari sisi terdalam dahulu yakni pemaksimalah penggunaan anggaran operasional yaitu:

Lakukan Menekan Pengeluran Yang Tidak Penting dan Terus Menerus Konsisten Dalam Menerapkannya

Menekan anggaran bisa dikatakan juga dengan beberapa ungkapan seperti: penghematan atau pemaksimalan. Banyak sekali pengeluaran yang seharusnya bisa di tekan dan pada akhirnya bisa memperkecil expense dan mempengaruhi harga jual. Misalnya:

  1. Memaksimalkan penggunaan listrik
  2. Memaksimalkan penggunaan telepon
  3. Memaksimalkan penggunaan stationer (perlengkapan alat-alat kantor seperti: penggunaan kertas, tinta printer dst)

Penghematan tidak harus kepada seluruh sektor biaya produksi tapi anda bisa pilah dan pilih pos-pos pengalokasian anggaran menjadi kritertia misal:

  1. Penting dan mendesak
  2. Penting tapi tidak mendesak
  3. Tidak penting tapi mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak
  5. Tidak penting sama sekali

Dari kriteria tersebut maka anda bisa memutuskan mana yang bisa di hematkan dan mana yang harus dimaksimalkan penggunaannya dengan kata lain kalau tidak bisa di hematkan maka ia harus di maksimalkan penggunaannya.

Lakukan Pengalokasian Anggaran Untuk Meningkatan Sektor Lain Yang Bisa Mempengaruhi Cost

Dana anggaran yang sudah anda dapat pada tahap pertama diatas bisa anda lokasikan untuk keperluan pemaksimalan sektor lain yang pada akhirnya bisa mempengaruhi cost produksi. Dalam kontek biro travel di Pulau Seribu dimana terdapat fasilitas sepeda santai, snorkeling, BBQ , penginapan dst maka dana penghematan bisa di alokasikan untuk:

  1. Membeli sepeda untuk tamu (bisa mengurangi cost paket wisata sebesar Rp15.000/orang)
  2. Membeli peralatan snorkeling (bisa mengurangi cost paket wisata sebesar Rp25.000/orang)

Lakukan Buat Target

Buatlah target dialam xx tahun, atau xx bulan atau xx minggu kedepan seluruh tindakan penghematan ini bisa menghasilkan xx. Dengan begitu maka bisnis anda akan terus berkembang sesuai dengan perencanaan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat