Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
cara memperbaiki error google news

Masalah Penyelsaian Website Sudah Terdaftar di Google News Tapi Tidak Muncul

Apabila saat ini website atau blog anda sudah terdaftar (included) di Google News tapi artikel tidak muncul pada halaman Google News atau pada section berita maka itu berarti ada yang kurang sempurna dari settingan website anda. Artikel ini khusus untuk website berita yang menggunakan CMS WordPress so buat anda yang menggunakan selain WordPress dapat berkonsultasi dengan tim developer website berita anda sendiri.

Sudah terdaftar di dalam Google News publisher saja belum serta merta postingan berita anda akan segera tampil sebab lolos pendaftaran Google News hanyalah berupa pemenuhan syarat administrasi saja dan bukan tentang masalah teknis secara keseluruhan. Andaikata saat ini situs berita anda muncul di Google padahal situs berita anda sudah termasuk kedalam Google News Publisher maka ada hal teknis yang harus anda benahi. Sekali lagi saya tekankan bahwa ini adalah hal teknis terkecuali lain hal jika artikel di dalam situs berita anda menampilkan berita-berita yang melanggar TOS dari Google News, beberapa topik atau konten yang dilarang dipublikasikan di situs berita anda hingga membuat situs berita anda terkena penalty Google bisa anda baca disini.

Anda dapat mempelajari apa yang tidak boleh dan boleh anda lakukan di dalam situs berita anda semua sudah di sampaikan disana (https://support.google.com/news/publisher-center/answer/6204050?hl=id). Tapi jika anda sudah yakin tidak situs berita anda sudah memenuhi syarat itu semua tapi berita tidak tampil di halaman berita Google News dan anda menggunakan WordPress maka ikuti beberapa langkah sederhana dibawah ini.

Ingat! menyelsaikan (cara memperbaiki) masalah artikel tidak masuk ke Google News padahal website sudah terdaftar di Google News Publisher Center ini berbeda-beda jadi cara penanganannya pun tidak dapat di generalkan dan kembali kepada konsisi dari situs anda masing-masing.

Cara Memperbaiki Error Website Berita Agar Bisa Masuk ke Google News Lagi

Contoh dibawah ini hanyalah bersifat general, hubungi saya untuk menggunakan jasa Google news:

1. Periksa Apakah Ada Error di Search Console

Langkah pertama jelas berhubungan dengan data yang terekam didalam Google Search Console (dulu Google Webmaster Tools). Periksa rekaman yang terdapat disana apakah ada catatan error? atau tidak ada catatan error terutama yang berhubungan dengan Google News dan site index.

cara memperbaiki error google news

Perbaiki setiap error yang muncul dan anda harus sabar sebab memperbaiki error (yang menyebabkan tidak sinkron antara website berita anda dengan Google News) ini tidak instant dan memerlukan waktu yang tidak dapat di pastikan (bisa cepat bisa lambat).

2. Sangat Disarankan Membuat URL Yang Unik

Jika permalink anda menggunakan urutan /%category%/%postname%/ contoh: https://situsberitabola.ku/berita-bola/liga-champions/judul-artikel/ atau kalau menggunakan permalink lain menggunakan tanggal misal: /%year%/%monthnum%/%postname%/ secara umum itu bisa kita katakan termasuk yang url/permalink yang unik tapi itu belum tentu buat Google.

Jasa submit Google News

Maka sangat disarankan untuk membuat permalink yang sangat-sangat unik seperti memasukan post ID kedalam URL. Anda bisa cek permalink dari situs-situs berita seperti detik.com, kompas.com, bola.net dan situs berita lainnya. Pelajari bagaimana mereka membuat struktur URL (permalink) lalu terapkan didalam situs berita anda.

3 Periksa Sitemap News

Error Sitemap Google News

Rata-rata plugin sitemap news untuk WordPress sudah baik dan kompatibel dengan yang diinginkan oleh Google tapi tidak ada salahnya jika anda periksa lagi. Yang harus di periksa adalah:

  1. Nama publsiher
  2. Bahasa
  3. Date modified

Atau periksa struktur yang harus ada didalam sitemap Google News disini.

4 Periksa Struktur Data

Walau tidak di wajibkan untuk menggunakan markup schema khusus untuk NewsArticle tapi agar lebih maksimal anda harus menggunakan markup NewsArticle.

Ada banyak sekali plugin WordPress yang berkaitan dengan markup data ini tapi tidak semuanya support markup data untuk artikel berita NewsArticle Schema. Oleh karena itu sebelum menambahkan plugin schema ini pastikan ada markup data yang sesuai dengan niche website berita.

Ada kalanya juga struktur data mengalami error terutama pada dimensi/ukuran image, author, organization, breadcrumbs dan lain sebagainya.

5. Periksa AMP

Jika anda menggunkan AMP untuk versi mobile kepada situs berita anda harus memeriksanya apakah terjadi error dengan AMP situs berita anda.

Gunakan AMP validator yang sudah disediakan oleh Google kemudian perbaiki jika terdapat error.

Khusus untuk pengguna AMP sering menjumpai error AMP pada halaman contact atau segala hal yang berkaitan dengan Push. Solusi termudah ialah dengan tidak memasukan (exclude) halaman tersebut dari halaman AMP dan sitemap anda.

Jasa Submit Google News

Bila anda membutuhkan anda bisa menghubungi saya untuk membantu anda agar situs berita anda bisa diterima di Google News atau memperbaiki error Google news. Beberapa contoh website error tentang Google News ini misalnya:

  1. Website terdaftar di Google News tapi tidak tampil di sesi halaman berita
  2. Website berita hanya tampil dengan mengetikan site:domain.com
  3. Website berita hanya tampil di Google News kalau menggunakan short by date
  4. Error Unresolved news source, Too many News URLs, Unknown news site, Unresolved news section, Unexpected publication name, Unexpected language, Missing <publication> tag, Invalid publication label
  5. Sitemap news tidak terindex di Google Search Console
  6. Website berita error setelah pindah dari HTTP ke HTTPS atau sebaliknya
  7. Error Duplicate
  8. Dll

Informasi lebih lanjut untuk menggunakan jasa submit Google News atau jasa memperbaiki website berita yang error tidak muncul di halaman Google News dengan saya adalah dengan mengubungi: 0822 3356 6320 dengan whatsapp atau telpon.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat