Back to Blog Tempat Belajar SEO Online

Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Long Tail Keyword Beserta Kekurangannya

Didalam artikel ini kita akan kembali membahas permasalahan yang berhubungan dengan keyword yakni manfaat dan keunggulan menggunakan long tail keyword untuk mendapatkan trafik yang tinggi beserta kekurangan atau kelemahannya apabila kita menggunakan long tail keyword ini. Selain membahas tentang kedua hal tersebut admin juga akan membagikan teknik SEO dalam rangka menemukan long tail keyword yang tepat menggunakan sejumlah tools gratis berupa long tail keyword generator, long tail keyword scraper dan lain sebagainya. Selamat menyimak:

Pengertian Long Tail Keyword

Hampir seluruh pakar SEO dan internet markting diseluruh dunia memahami long tail keyword sebagai keyword yang panjang (sesuai dengan namanya) yang terdiri dari beberapa kata yang mana seluruh kata yang masuk kedalam long tail keyword tersebut akan saling membentuk keyword. Kita ambil contoh dengan long tail keyword seperti gambar dibawah ini:

contoh long tail keyword

Apa yang anda lihat pada gambar diatas adalah contoh dari penggunaan long tail keyword yang diterapkan kedalam judul halaman (page title). Bila anda uraikan lagi maka dari page title tersebut akan membentuk sejumlah short keyword seperti misalnya:

[table “” not found /]

Bedasarkan gambar diatas maka jelas bahwa si pemilik web membidik beberapa keyword sekaligus (yang terutama sekali mengoptimasikan juga LSI keyword).

Dalam praktek dan penggunaanya memang sudah pasti sedikit sekali user yang mengetikan keyword sepanjang page title tersebut tapi kalau kita bicara fungsi maka disitulah fungsi daripada long tail keyword yakni memasukan sejumlah keyword kedalam page title demi membidik variant (tail) dari keyword-keyword yang ditetapkan. Dalam praktiknya anda bisa menggunakan kata kunci yang mungkin relevant dengan keyword utama yang akan dijadikan sebagai long tail keyword.

Long tail keyword pun bisa dikombinasikan dengan keyword lainnya seperti misalnya:

  1. long tail keyword + branding keyword
  2. long tail keyword + localize keyword
  3. long tail keyword + tanggal

Keunggulan Menggunakan Long Tail Keyword

Dari pemaparan saya diatas sekarang anda tentu sudah tahu keunggulan menggunakan long tail keyword bukan? ya! singkatnya keunggulan menggunakan long tail keyword ini adalah membidik sejumlah keyword populer sekaligus kedalam sebuah halaman web dalam bentuk page title.

Dengan menggunakannya maka secara teori web anda akan mendapatkan traffic yang potongan-potongan keyword atau malah dari keseluruhan keyword yang anda pergunakan.

Cara Mendapatkan dan Menentukan Long Tail Keyword

Cara termudah untuk mendapatkan long tail keyword adalah dengan menganalisa sendiri keyword yang sangat berkaitan erat dengan produk anda (mengira-ngira). Tapi alangkah lebih baik apabila anda menggunakan bantuan tools yang berkaitan dengan keyword. Anda bisa mencoba Google Keyword Planner untuk versi gratis atau gunakan Semrush untuk versi berbayar.

Cara mendapatkannya adalah:

  1. Login ke Google keyword planner
  2. Ketik search terms (keyword dasar dari produk anda, misal search terms-nya adalah jasa SEO maka ketikan “jasa seo”
  3. Maka akan muncul hasil daripada relevansi keyword terms

Dari data tersebut anda bisa pilih keyword yang memiliki jumlah pencarian yang terbanyak banyak dan jadikan data tersebut sebagai keyword long tail anda. (Anda bisa menggunakan cara ini pada Semrush karena pada intinya caranya sama saja).

Tools Untuk Generate Keyword

Beberapa tools yang bisa anda pergunakan sebagai generator long tail keyword ini adalah:

  1. Scrapebox keyword Scraper
  2. LongTail Keyword Pro
  3. Semrush dan keywordtool.io
  4. lsigraph.com dan ubersuggest

Scrapebox keyword Scraper

Khusus pengguna scrapebox anda bisa menggunakan tools bawaan dari Scrapbox ini untuk mendapatkan keyword suggestion yang berasal dari Google.

Scrapebox Keyword Scraper

Dengan bantuan tool keyword scraper dari scrapebox ini maka anda bisa mendapatkan daftar keyword related yang sudah dikembangkan hingga ke beberapa level sehingga anda bisa mendapatkan keyword yang sangat bervariasi. Untuk menggunakannya dapat dilakukan dengan komputer (terinstall di komputer).

Long Tail Keyword Pro

Tools ini pun bisa dipakai untuk memeriksa dan melakukan riset keyword, pada dasarnya tools ini hanya untuk mempermudah anda dalam mendapatkan keyword yang bersumber dari Google keyword planner hanya saja terdapat sejumlah fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan riset lebih dalam lagi.

tampilan longtail keyword pro

Secara fungsi umum tools keyword generator ini hanya untuk mempermudah anda saja hingga tidak usah lagi untuk login ke Google keyword planner menggunakan default browser tapi cukup melalui tool ini. Untuk menggunakannya dapat dilakukan dengan komputer (terinstall di komputer).

Semrush dan Keywordtool

SEMRUSH Keyword Tool

Dua tool ini dapat digunakan secara online, dari keduanya yang paling banyak di pergunakan para internet marketing untuk mendapatkan dan meneliti keyword adalah Semrush. Ada biaya berlangganan yang harus anda bayarkan tiap bulan.

Bila anda ingin sukses dengan afiliasi atau bermain Google adsense maka dengan berlangganan SEMRUSH adalah pilihan yang sangat tepat terutama untuk membidik keyword-keyword non bahasa Indonesia.

Lsigraph.com dan Ubersuggest

Google keyword generator tool

Dua tools ini pada dasarnya hanya untuk mencari related keyword dan LSI keyword. Jika anda ingin mengoptimasikan SEO secara on page anda membutuhkan tools ini (baca artikel saya tentang: Cara SEO On Page). Menggunakannya pun sangat mudah dan banyak sekali keunggulan, manfaat dan keuntungan ketika anda ingin berurusan dengan long tail keyword.

Untuk ubersuggest dapat dipakai secara gratis dan data yang di tampilkannya pun lumayan lengkap dan saya rasa anda pasti pernah menggunakannya karena tools ini sudah sejak lama sekali sudah memberikan fasilitas pencarian keyword.

Apa yang saya tuliskan disini jika anda bantu dengan pengoptimasian SEO secara off page dan tahu bagaimana cara mencari backlink yang berkualitas maka saya jamin proses pengoptimasian website anda akan semakin mantab.

Kekurangan Menggunakan Long Tail Keyword

Menurut saya lebih banyak keunggulan menggunakan long tail keyword dibandingkan dengan tidak menggunakannya karena apabila proses pengoptimasian keyword ini berhasil maka peluang untuk mendapatkan traffic dari variasi long tail keyword akan terbuka lebar. Namun ada pula kekurangan bilamana anda menggunakan long tail keyword seperti misalnya:

  1. Pengoptimasian tidak terfokus
  2. Page title jadi terpotong
  3. Optimal untuk keyword yang tergolong low competition

Tapi dari kekurangan long tail keyword ini saya rasa masih bisa kita lewati asalkan mau konsisten dalam mengoptimasikan website. Belajar SEO secara menyeluruh merupakan solusi yang sangat tepat untuk anda lakukan. Dan yang lebih penting dari itu anda harus tahu dulu seluk beluk algorithm Google yang sedang berjalan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat