Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
Plugin Wordpress Untuk Melihat Visitor

Cara Mengetahui Pengunjung Blog Kita [TERBARU 2018]

Cara mengetahui pengunjung blog kita setiap hari itu ada beberapa cara yang kesemuanya menggunakan aplikasi. Dan aplikasi untuk melihat jumlah pengunjung blog itu ada yang gratis dan ada yang berbayar. Manfaat mengetahui jumlah pengunjung blog ada banyak sekali yang pada intinya bisa memberikan apa yang anda inginkan. Untuk mengetahui siapa yang mengunjungi blog kita tentu blog harus kita daftarkan terlebih dahulu ke situs pencatat visitor blog seperti Google Anlytic, Alexa, Histats, Piwik Matomo atau situs-situs lain yang memberikan layanan pencatatan statistik visitor blog (traffic log).

Di tahun 2018 sudah ada banyak pembaruan-pembaruan karena teknologi terus berkembang dan cara melihat traffic blog di tahun 2018 pun tentu berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Data yang didapat sudah lebih lengkap dan akurat. Dengan sejumlah trik tertentu malah cara melihat pengunjung blog orang lain sekalipun bisa anda lakukan dengan bantuan aplikasi (software) untuk melakukan “spying” mata-mata ke blog milik kompetitor.

Cara Melihat Pengunjung Blog

Dalam panduan ini saya akan sampaikan cara yang saya ketahui dan sudah saya praktekan saja (bukan ngarang bebas). Dan mudah-mudahan panduan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua yang ingin tahu gimana cara melihat pengunjung website kita setiap hari.

Mendaftarkan Blog Kita ke Situs Pencatat Pengunjung

Cara melihat berapa orang yang melihat blog kita dengan dengan kita daftarkan blog yang ingin kita ketahui data visitor-nya melalui Google Anlytic, Alexa, Histats dan Piwik Matomo(keempat situs tersebut adalah situs analytic yang di rekomendasikan para internet marketer).

Mengetahui Pengunjung Blog Dengan Google Analytic

Mengetahui Pengunjung Blog Dengan Google Analytic

Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar dan memasang tracing script atau tracking code kedalam blog kita, kita bisa melihat melalui artikel-artikel atau lihat video di Youtube yang jumlahnya banyak sekali (saya tidak perlu ajarkan lagi).

Melihat Visitor Blog Dengan Piwik Matomo

Melihat Visitor Blog Dengan Piwik Matomo

Rekomendasi dari saya sebaiknya gunakan histats karena lebih mudah untuk anda gunakan. Bagaimana dengan Google analytic, Alexa dan Piwik Matomo? khusus Google analytic (GA) banyak di tengarai bisa menyebabkan menurunnya jumlah traffic (demikian pengalaman para SEO master) benar atau tidak saya sendiri mengalami setelah menggunakan GA ada perubahan penurunan jumlah traffic kedalam blog. Sedangkan untuk Alexa anda harus membayar biaya berlangganan dan untuk Piwik walau kita bisa menggunakan Piwik Matomo terasa pencatatannya tidak lengkap.

Cara melihat data pengunjung blog tentu dengan cara login kedalam situs-situs tersebut setelah sebelumnya anda daftar dan meng-inject atau memasukan kode tracking kedalam themes.

Cara memasukan kode tracking ini sangat mudah juga karena anda bisa menggunakan tambahan plugin yang terkait dengan layanan analytic atau memasukannya pada settingan themes atau langsung mengedit wp-header.php atau wp-footer.php atau memasukannya sebelum tag </html>.

Menggunakan Plugin (Visitor Counter)

Plugin WordPress Untuk Melihat Visitor

Plugin WordPress Untuk Melihat Visitor

Bagi pengguna WordPress yang menggunakan hosting VPS (bukan shared hosting) bisa menginstall dan menggunakan WordPress plugin visitor counter yang gratis untuk mengetahui dan melihat pengunjung blog yang datang dan membaca artikel di blog.

Melihat Traffic Blog Dengan Plugin Worpdress Jetpack

Melihat Traffic Blog Dengan Plugin Worpdress Jetpack

Saya sangat suka dengan jetpack sebab plugin ini buatan WordPress juga. Sayangnya kita harus menggunakan web hosting dengan spesifikasi yang besar karena pasti semua plugin visitor counter WordPress akan menyimpan data kedalam database yang kian hari pasti akan kian membesar.

Cara menampilkan jumlah pengunjung di blog/melihat viewer di blog menggunakan plugin WordPress adalah dengan cara login ke blog WordPress anda.

Tidak hanya untuk melihat pengunjung blog fungsi jetpack lainnya adalah:

  1. Memposting secara otomatis ke social media (sangat bagus untuk mendapatkan traffic secara otomatis)
  2. Built in dengan related post
  3. Ada SEO toolsnya juga
  4. Advertising
  5. Fitur-fitur keamanan blog seperti: brute force attack protection, spam filter dst

Cara melihat traffic blog yang membaca artikel pada blog kita (melihat orang yang melihat postingan blog) sangat mudah sekali yaitu dengan login ke blog WordPress anda dan klik Jetpack maka anda akan menemukan dan bisa melihat data pencatatan visitor setiap hari bahkan setiap menit.

Data Penting Pengunjung Blog Yang Harus di Ketahui

Setiap aplikasi yang dipakai untuk melihat pengunjung blog tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tapi dari sekian data yang berhasil dicatat itu ada yang point penting untuk anda ketahui karena sangat berkaitan erat dengan proses promosi yang mungkin sedang kita lakukan yaitu:

  1. Jumlah pengunjung
  2. Keyword yang digunakan pengunjung
  3. Situs referer
  4. Browser yang dipakai pengunjung
  5. Halaman/URL yang pertama kali dikunjungi pengunjung dan Halaman/URL pengunjung meninggalkan blog
  6. Pageview dan lama kunjungan
  7. Selebihnya seperti: IP address, lokasi, OS hanya optional saja

Mengetahui Jumlah Pengunjung

Bila menggunakan histat anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung blog dalam sehari. Data tersebut bisa kita pakai untuk mengukur tingkat kesuksesan proses promosi (campaign).

Misal jumlah pengunjung blog kita dalam sehari ada 100 pengunjung tapi yang menelpon atau berinteraksi dengan kita hanya 5 orang atau kurang dari 25% dan kejadian ini terus terjadi selama berhari-hari maka anda bisa menentukan sendiri apa yang kurang pada blog anda.

Melihat Keyword

Cara melihat keyword yang dipakai pengunjung blog pun sama anda tinggal melihatnya saja melalui pilihan keyword.

Data yang bisa anda gunakan pada sesi keyword ini setelah tahu keyword apa yang digunakan pengunjung ke blog kita adalah dengan mempercantik dan terus memberikan penawaran-penawaran atau promosi dihalaman halaman/URL tersebut atau menambah porsi promosi bila anda menggunakan iklan Adwords.

Melihat Situs Referer

Cara melihat situs referer adalah dengan menggunakan analytic juga. Situs referer disini maksudnya adalah situs yang memberikan traffic kepada blog anda misal: Google (search engine) atau blog lain dimana terdapat link blog anda didalam situs referer.

Mengetahui Browser Yang dipergunakan Pengunjung

Cara mengetahui browser yang di pergunakan pengunjung blog ada pada sesi “browser/os”. Kenapa ini penting untuk anda ketahui? jawabnya adalah untuk mengetahui dan mereview blog anda bila dikunjungi oleh browser-browser tertentu.

Cara melihat browser yang di gunakan pengunjung blog

Cara melihat browser yang di gunakan pengunjung blog

Apakah blog kompatibel dengan browser atau tidak, jika tidak anda tentu harus mengambil tindakan yang proaktif karena ini berhubungan dengan marketing blog kita.

Halaman/URL Yang Pertama dan Terakhir di Kunjungi Pengunjung

Ini penting juga, cara melihat halaman/URL yang pertama dan terakhir kali di kunjungi pengunjung ada pada sesi page-in dan page-out pencatat visitor. Fungsinya adalah untuk mengetahui halaman mana yang paling banyak dikunjungi.

Cara melihat Pengunjung blog menggunakan histats

Cara melihat Pengunjung blog menggunakan histats

Prioritaskan halaman yang paling banyak dikunjungi pengunjung itu dengan menambah porsi Adwords (kalau anda pasang adwords) atau optimasikan dengan SEO agar lebih mantab lagi posisinya.

Untuk halaman terakhir yang di kunjungi pengunjung pun demikian adanya yaitu harus di optimasikan agar pengunjung tidak meninggalkan blog anda.

Melihat Jumlah Pageview dan Lama Kunjungan (Length of visit)

Cara melihat pageview pun bisa didapat dengan aplikasi visitor counter ini. Semakin banyak pageviews dan semakin lama waktu kunjungan itu bisa menandakan bahwa blog anda disukai oleh pengunjung.

Cara melihat Pageview traffic blog

Cara melihat Pageview traffic blog

Bila ada mengetahui pageview sedikit maka sudah pasti ada hal yang tidak menarik pengunjung atau isi keseluruhan blog anda tidak fokus pada niche tertentu.

Jeleknya pageview bisa disebabkan karena niche/tema blog yang tidak fokus misal blog anda berisi artikel tentang wisata, kesehatan, SEO. Pengunjung yang datang karena faktor artikel SEO tentu tidak tertarik dengan artikel wisata atau kesehatan begitupun sebaliknya pengunjung yang datang ke blog karena faktor artikel kesehatan tidak akan tertarik untuk membaca artikel SEO.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat