Ciri Contoh Cara Membuat Konten SEO Unik & Berkualitas (Kriteria Konten SEO Yang Unik)

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
konten seo yang unik

Ciri Contoh Cara Membuat Konten SEO Unik & Berkualitas (Kriteria Konten SEO Yang Unik)

Keuntungan hasil dari konten yang unik dan berkualitas adalah posisi yang bagus didalam search engine. Tapi, apa ciri-ciri dan contoh dari konten SEO unik dan berkualitas itu? serta bagaimana cara membuat konten yang unik dan berkualitas full SEO? apa saja point-point penting yang bisa menjadikan sebuah konten didalam blog menjadi berkualitas dan unik? nah! didalam panduan SEO ini saya akan coba berbagi kepada anda tentang ciri, contoh dan cara membuat konten yang unik SEO, berkualitas sesuai dengan guideline dari Google.

Sebelumnya saya pernah menulis konten yang saya beri judul “cara menulis artikel yang benar agar bisa masuk ke halaman pertama Google” silahkan anda baca artikelnya disini. Sedang artikel yang sedang anda baca ini hanya pelengkap saja agar anda bisa membuat konten yang unik, disukai Google, disukai pembaca dan bisa masuk ke ranking pertama Google tanpa harus membuat backlink.

Dan mengenai contoh-contoh kriteria konten yang berkualitas SEO itu sebenarnya sudah ada didepan mata anda sendiri. Tapi mungkin karena anda tidak sadar atau tidak paham sehingga anda berkeliling mencari tutorial-tutorial yang berkaitan dengan konten SEO (hahahaha). Yuk mari kita mulai saja….

Contoh Konten SEO

contoh konten seo friendly di Google

contoh konten seo friendly di Google

Konten (content) adalah isi dari sebuah halaman web. Konten memiliki beberapa format (content format) seperti misalnya: text, video, image, audio, gallery photo dan lain sebagainya. Kalau kita bicara tentang konten SEO yang berkualitas tentu cara membuatnya tidak sama antara satu format konten dengan format konten lainnya.

Cara membuat konten SEO berisi text dan membuat konten berisi video adalah hal yang berbeda termasuk juga membuat konten untuk deskripsi produk dari toko online anda.

Ciri dari konten yang baik dalam SEO sehingga bisa masuk kehalaman pertama Google adalah situs-situs atau URL-URL yang terdapat dihalaman pertama Google. Ketika anda mengunjungi Google lalu mengetikan kata kunci: “Cara Menulis Artikel Yang Benar Supaya Mendapatkan Peringkat di Halaman Satu” maka hasil pencaharian Google di halaman pertama posisi 1-20 itulah bisa disebut sebagai contoh dari konten SEO yang berkualitas “menurut versi Google” LHO!!.

Itulah cara mudah melihat contoh dan membuat konten SEO yaitu melihat kompetitor anda!!

Anda bisa melihat sekaligus “mencontoh” bagaimana author blog terebut saat menulis konten. Perhatikan judul artikel, keyword baik itu related dan LSI keywird, berapa panjang artikel, keyword density, alt image, internal dan external link, jumlah paragraph, termasuk themes dan plugin yang dipergunakannya, bagaimana cara SEO on page nya dan lain sebagainya secara keseluruhan (apa itu on page SEO? baca ini).

Mengapa saya sampaikan trik diatas kepada anda? jawabannya adalah sesuai dengan statement saya diatas yaitu karena konten memiliki format yang berbeda-beda. Kalau saya uraikan satu persatu performat konten tentu akan banyak sekali postingan yang harus saya tulis dan saya beri judul: membuat konten video SEO, membuat konten SEO pada gambar, membuat konten SEO untuk toko online bla bla bla….

Apapun tipe konten-nya ikuti saran dari saya yaitu: “pelajari bagaimana kompetitor anda membuat konten”!! serta bagaimana cara mereka mengoptimasikan konten tersebut baik secara on page SEO ataupun off page SEO.

So! agar anda tahu ciri dari konten SEO termudah itu adalah bukan cuma dari: pemilihan judul, penggunaan heading, panjang artikel, alt image, internal link, menu/navigasi, jumlah paragraph, keyword perparagraph saja tapi juga dari mempelajari bagaimana kompetitor anda membuat konten (ini cara yang paling mudah dari yang termudah).

Kriteria Konten SEO Yang Unik

Konten unik adalah konten yang walau memiliki kesamaan makna dalam judul konten tapi secara keseluruhan isi konten berbeda. Yang membedakan sebuah konten dengan konten lainnya agar unik adalah:

  1. Penggunaan sinonim
  2. Penggunaan semantic
  3. Isi konten

Contoh:

Ketika anda ingin membuat konten yang mengangkat isu tentang “kriteria konten SEO” lalu memberikan judulnya dengan  “kriteria konten SEO” lihat gambar dibawah:

konten seo yang unik

(Untuk contoh) silahkan anda kunjungi keempat blog (para master SEO Indonesia) yang saya berikan tanda merah lalu anda baca isi keempat konten tersebut lalu bandingkan.

Hasil dari perbandingan tersebut dapat anda simpulkan sendiri bahwa keempat contoh konten saya diatas walau keempatnya masih berada di halaman pertama posisi 1,2,3,4 tapi keempatnya memiliki isi yang berbeda (unik).

Tetapi akan menjadi tidak unik ketika anda mencopy seluruh isi dari keempat konten tersebut walau kemudian konten-konten itu di spin lagi menggunakan article spinner. Karena fungsi dari article spinner hanyalah untuk membuat konten guna keperluan link building saja (bukan untuk moneysite). Sedangkan konten untuk moneysite wajib untuk anda buat sendiri dalam kondisi apapun juga (baca solusi ini buat anda yang tidak sempat menulis konten untuk update blog).

Cara Membuat Konten Yang Unik

Untuk membuat konten yang unik dan memenuhi unsur SEO tapi masih enak di baca oleh pengunjung blog anda adalah:

1. Pergunakan Keyword Yang Unik

Sudah di contohkan oleh para master SEO kita melalui gambar kedua diatas. Perhatikan judul artikelnya yang berbeda-beda (walau pada beberapa keyword ada pula yang menggunakan keyword yang 70% sama) tapi kita tidak berpatokan pada judul tapi harus pada isi.

Tidak masalah kalau konten memiliki kesamaan judul hingga 70% yang penting isinya juga jangan sama 70% (ingat! Google sudah menerapkan algorithm berbasis LSI sehingga dapat dengan mudah mendeteksi mana konten original dan mana konten plagiat walau pada praktek pembuatannya anda menggunakan spinner dan curator).

2. Melengkapi Yang Sudah Ada

Jika sebuah makalah/isu sudah dituliskan pada blog A maka anda jangan bahas lagi makalah dan isu yang sama di blog anda terkecuali untuk tipe-tipe kontent tertentu seperti: berita, review produk atau mengulas tentang spesifikasi produk tertentu.

Yang tidak termasuk kedalam plagiat itu adalah:

  1. Nama orang
  2. Nama daerah
  3. Atau kata dan kalimat yang menerangkan sebuah objek misal: nama merek mobil, nama merek smartphone termasuk spesifikasinya

Tidak ada masalah anda memberikan judul konten: “review, harga dan spesifikasi iPhone 6s 2018” walau sudah banyak konten yang menggunakan judul tersebut. Yang terpenting isi blog anda tidak sama persis dengan isi blog orang lain termasuk dalam penggunaan gambar.

3. Maksimalkan LSI Keyword

Saya tekankan LSI keyword itu sangat-sangat penting di algorithm Google saat ini (baca panduan saya tentang LSI keyword). Fungsi dari LSI keyword adalah untuk membedakan otentikasi sebuah konten yang satu dengan konten yang lainnya.

LSI Keyword

LSI Keyword

Untuk yang tidak mahir dalam mengolah kata-kata (berbentuk LSI) untuk dijadikan sebuah konten sebaiknya menggunakan jasa penulis konten yang saya rekomendasikan ini.

4. Pergunakan Google Keyword Suggestion

Temukan keyword dan judul konten yang memiliki jumlah pencaharian yang umum (paling banyak di gunakan) atau gunakan Google keyword suggestion.

Kalau masih binggung dengan keyword suggestion Google anda bisa menggunakan ubbersugest untuk mendapatkan daftar keyword-keyword board matched keyword, phrase matched keyword dan negative keyword (lihat: Keyword).

5. Keyword In Title (Didalam Judul) Dan Atau di Dalam Deskripsi

Masukan keyword didalam title wajib hukumnya! karena sangat sulit bila anda membidik keyword: Kriteria Konten SEO kalau judul konten anda mengambang alias tidak jelas (tidak related dengan keyword yang ingin dibidik) misal: “Konten Tidak Maksimal? Ikuti Panduan Ini”.

Toh walaupun anda tidak ingin memasukan keyword didalam judul konten tapi setidaknya terdapat kata atau kalimat yang mengandung keyword didalam deskripsi dan didalam paragraph.

6. Relasi Antara Judul dan Isi

Ini juga faktor penting!

Harus ada relasi yang kuat entah itu dari sisi exact matched keyword maupun board dan phrase keyword.

Konten yang memiliki relasi yang kuat antara judul, deskripsi dan body content akan lebih berkesempatan mencicipi posisi halaman satu Google dibandingkan dengan yang lemah.

7. Dibantu Dengan CMS

Yang saya maksud disini adalah anda harus menggunakan CMS yang mendukung proses SEO misalnya WordPress (baca artikel tentang SEO WordPress disini):

  1. URL SEO friendly
  2. Well code (tidak ada error dalam coding)
  3. Good navigation (menu)
  4. Sitemap
  5. Internal link building
  6. Sitetitle (H1) yang berbeda untuk tiap-tiap halaman (page.php, single.php, archieve.php dst)

MITOS

Hal ini itu yang berkaitan dengan konten yang sebenarnya mitos adalah:

  1. Panjang konten (format text/standard) harus >1000 kata
  2. Density harus >3% tapi <5%
  3. Bold keyword
  4. Underline keyword
  5. Italic keyword
  6. Harus ada <ol> atau <ul>
  7. Harus memiliki heading sekian-sekian…

FAKTA

Hal yang sebenarnya sesuai fakta:

  1. Ikuti kemauan algorithm Google
  2. Ikuti contoh yang sudah ada (lihat situs kompetitor)
  3. Old domain atau sudah dan masih memiliki trust

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat