Cara Tercepat Menambah Traffic Blog (Secara Organic dan Non Organic)

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
Hotsuite

Cara Tercepat Menambah Traffic Blog (Secara Organic dan Non Organic)

Cara tercepat untuk menambah jumlah traffic blog baik secara organic ataupun non organic itu tidak mudah dan murah semudah dan semurah headline-headline artikel para blogger yang mencari traffic. Di butuhkan daya kreasi yang tinggi, bisa mewujudkan ide-ide kedalam tulisan serta membuat tulisan tersebut menjadi bermutu disukai search engine dan user adalah perkara yang sangat sulit terutama buat orang-orang yang malas. Kebanyakan kita ingin instant, ingin cepat, ingin mudah hingga akhirnya menggunakan cara-cara yang justru bukannya membuatnya menjadi cepat tapi malah menjadi terbanned Google.

Menggunakan software untuk menambah traffic blog baik itu dengan software yang bisa auto membuat konten sekaligus mempostingnya ataupun menggunakan bot untuk menambah traffic dengan cepat adalah jalan keluar bagi “lazy blogger” yang ingin cepat kaya tanpa kerja. Apakah cara otomatis itu berhasil? jawabnya ya! ada yang berhasil dan ada yang tidak karena algorithm Google hanyalah sebuah cipataan manusia yang memiliki kelemahan juga.

Kalau saat ini anda ingin tahu bagaimana cara yang tercepat buat menambah traffic blog anda secara organic dan non organic tanpa mau instant maka silahkan baca artikel ini hingga tuntas tapi buat anda yang mau mendapatkan blog anda kebanjiran traffic dengan cara termudah maka sangat disarankan agar anda membaca artikel saya cara memperbanyak pengunjung blog dengan software agar pembahasan lebih mengena. Sebelum lebih jauh kita membahas langkah-langkah tercepat untuk menambah traffic kita akan bahas dulu pengertian organic dan non organic traffic.

Traffic (Visitor) Blog

Traffic adalah “lalu lintas”atau alur atau flow visitor blog yang datang ke blog kita. Dari mana visitor datang, halaman apa yang didatangi, keyword apa yang digunakan, operating system apa yang di pakai, browser apa tipenya dan masih banyak lagi. Kenapa disebut traffic karena konsepnya mirip dengan traffic “lalu lintas” kendaraan di jalanan.

Contoh Hasil Organic Search

Contoh Hasil Organic Search

Traffic terbagi kedalam dua macam yaitu organic traffic dan non organic traffic. Yang membedakan dari kedua macam traffic tersebut adalah sumber mereka datang ke blog kita apakah secara organic atau tidak. Lebih jelasnya lihat keterangan dibawah ini:

Organic Traffic

Istilah organic traffic dipakai untuk menandakan user (manusia) yang datang ke sebuah blog melalui perantara search engine. Step-stepnya adalah user:

  1. Membuka browser
  2. Mengunjungi Google atau search engine lainnya
  3. Mengetikan kata kunci
  4. Mengklik URL (yang bukan berlabel “iklan”)  pada halaman hasil penelurusan yang diberikan search engine

Organic traffic bisa disebut juga dengan organic search dalam kontek SEO. Bila anda menggunakan pencatat data traffic (analytic) anda bisa melihat alur tersebut pada sesi “search engines” agar lebih jelas anda bisa baca cara melihat orang yang membaca blog kita. Organic traffic ini banyak bisa disebut juga dengan istilah: organic search, free traffic, Google traffic dst.

Non Oganic Traffic

Non organic traffic bisa disebut juga dengan istilah paid traffic, social media traffic, unatural traffic. Kalau anda mendapati istilah-istilah tersebut maka sebenarnya kalimat tersebut memiliki kesamaan makna dalam kontek SEO tentunya.

Contoh Paid Traffic

Contoh Paid Traffic

Disebut paid traffic karena blog mendapatkan traffic/site visitor melalui program periklanan dari Google (Adwords) atau dari program periklanan lainnya. Disebut social media traffic karena blog mendapatkan traffic yang berasal dari social media dan disebut un-natural traffic karena blog mendapatkan traffic yang tidak alami yang berasal dari organic search (isitlah ini hanya dipakai pada kontek SEO saja).

contoh paid traffic dari facebook ads

contoh paid traffic dari facebook ads

Traffic yang berasal dari Google local business (free listing) pun bisa disebut dengan non organic traffic (ingat! ini hanya dalam kontek SEO saja karena ada orang yang mengatakan traffic dari Google free listing termasuk organic traffic sedangkan untuk bisa tampil di free Google listing itu tidak perlu optimasi SEO secara wajar).

Contoh non organic traffice dari Google free listing

Contoh non organic traffice dari Google free listing

 

Flow non organic traffic:

User (bisa manusia bisa juga bot info terkait ini bisa anda baca: bot visitor website):

  1.  Membuka/menjalankan browser
  2. Mengunjungi Google dan mengetikan kata kunci
  3. Mengklik URL yang berlabel “iklan”

Atau:

  1. Membuka browser
  2. Mengunjungi social media atau website lain
  3. Mengklik outbound link (link external/link keluar)

Strategi Tercepat Menambah Traffic Website

Sesuai dengan judul maka akan saya bagi menjadi secara organic dan non organic pula.

Cara Tercepat Menambah Visitor Secara Organic

  1. Sesuaikan niche blog
  2. Peka terhadap isu-isu yang sedang populer saat ini
  3. Mempertajam insting dalam melihat perkembangan isu
  4. Kreatif dalam menulis

Sesuaikan Niche Blog

Agar traffic cepat tinggi maka sangat disarankan agar anda membuat blog berisi beragam niche (tema) karena semakin banyak niche yang anda publikasikan di blog maka semakin terbuka luas pintu meraih traffic yang besar dengan sangat cepat.

Blog yang bertema politik dan celeb lebih cepat naik traffic nya dibandingkan dengan blog dengan tema SEO seperti blog saya ini karena memang blog dengan tema SEO hanya di konsumsi oleh orang-orang tertentu saja seperti anda contohnya sedangkan blog yang memiliki niche yang lebih general yang membahas tentang politik, info selebriti, info kriminal dst.

Agar lebih berhasil dalam ngeblog pastikan juga pageview blog anda harus tinggi, bagaimana caranya agar pageview tinggi anda bisa membaca artikel saya: cara meningkatkan blog pageview.

Peka Terhadap Isu-isu Yang Sedang Populer

Google Trends

Google Trends

Isu yang sedang populer saat ini (14 April 2018) misalnya:

  1. Isu pencalonan Prabowo capres 2019
  2. Isu pernyataan Amien Rais soal partai setan
  3. Xiaomi black shark
  4. dst

Sumber mencari isu yang sedang trend di Google saat ini bisa didapat melalui halaman Google Trends atau socialmentions.comhttps://trends24.in/indonesia/ atau sumber-sumber lain yang berbayar seperti Hotsuite dst.

Hotsuite

Hotsuite

Ini merupakan cara tercepat menaikan traffic visitor ke blog anda sejauh yang saya ketahui (tapi tidak pernah saya jalankan hahahah).

Mempertajam Insting

Cara tercepat agar kebanjiran pengunjung blog alternatif lainnya adalah dengan mempertajam insting atau tepatnya saya bilang vision. Apa yang biasanya akan terjadi (hal yang umumnya pasti terjadi secara rutin dalam kurun waktu tertentu) di waktu yang akan datang misalnya: banjir, piala dunia sepakbola, pilkada dan pemilu atau bisa juga kelahiran anak artis/publik figur, peluncuran smartphone baru, peluncuran tipe mobil baru, transfer pemain sepakbola dst.

Kalau anda memiliki waktu sejak sekarang dan sudah memiliki insting yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari maka tidak ada salahnya bila sebelum peristiwa itu terjadi anda sudah membuat konten yang berhubungan dengannya. Karena biarpun peristiwa itu belum terjadi kadang sudah menjadi trending di dunia maya.

Kreatif Dalam Menulis

Tingkatkan daya kreatif anda agar tulisan anda disukai oleh Google dan juga oleh visitor blog anda tentunya. Jangan hanya menulis artikel hanya untuk pengunjung tertentu saja seperti hanya untuk bot saja agar posisi postingan anda bisa tampil di halaman pertama Google.

Perhatikan sisi visitor blog anda itu harga mati yang tidak bisa di tawar-tawar lagi. Bila anda sukses dalam menulis dan hasil tulisan anda termasuk dalam kategori artikel yang berkualitas bukan tidak mungkin visitor blog anda bisa meroket dengan tajam.

Cara Tercepat Menambah Visitor Secara Non Organic

  1. Keyword research cari yang paling populer dengan tingkat persaingan low dan cost terendah
  2. Maksimalkan social media
  3. Aktif di forum
  4. Membuat Google free listing

Non organic jelas kalau bukan paid traffic tentu free listing oleh karenanya agar traffic blog anda bisa naik dengan cepat secara non organic ikuti cara ini:

Keyword Research

riset keyword

riset keyword

Kalau anda harus memasng iklan maka sangat baik anda jalankan untuk menggunakan iklan Adword dan melakukan keyword research untuk mencari keyword yang memiliki persaingan yang low tapi populer dan biaya PPC yang rendah.

Tambahkan biaya pasang iklan Adwords kedalam cost modal usaha agar anda tidak rugi. Strategi memasang iklan Adwords cukup rumit apalagi kalau anda tidak bisa menahan sabar ingin cepat dapat traffic yang banyak.

Maksimalkan Social Media

Facebook dan Instagram merupakan social media yang paling banyak memberikan traffic pada blog. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengoptimasikan halaman social media anda agar bisa memberikan traffic untuk blog anda.

meningkatkan traffic ke blog dari facebook

meningkatkan traffic ke blog dari facebook

Untuk mendapatkan traffic yang banyak dari Facebook dengan cara yang cepat mau tidak mau anda harus membayar iklan di Facebook ads dulu. Tanpa iklan anda tidak akan mendapatkan traffic naik dengan cepat.

Ada strategi memasang iklan di Facebook yang bisa anda baca di blog internet marketing lainnya silahkan browsing.

Membuat Google Free Listing

Bagaimana caranya bisa anda bisa videonya yang sudah dibuatkan oleh mas Sutopo dibawah ini atau baca panduannya disini:

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat