Cara Meningkatkan Pageview Blog

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
Cara meningkatkan jumlah pageview Wordpress

Cara Meningkatkan Pageview Blog

Cara meningkatkan pageview blog (Blogspot dan WordPress) tanpa SEO adalah sama juga dengan menambah pageview visitor pada blog karena ujung-ujungnya tentu berimbas pada angka viewers blog yang kiat meningkat. Ada dua cara untuk meningkatkan pageview blog kita yaitu dengan teknik blackhat SEO dan cara yang keduanya yaitu dengan menggunakan cara whitehat SEO. Apakah meningkatkan jumlah pageview bisa menggunakan software? kalau bisa apa nama software atau aplikasi untuk meningkakan jumlah pageview blog? saya sudah membahas masalah tersebut pada artikel saya yang lalu (baca: aplikasi untuk meningkatkan pengunjung blog).

Pada bagian panduan SEO ini saya hanya ingin fokus membahas tentang cara meningkatkan jumlah pageview dari jumlah visitor blog yang sudah ada, artinya kita hanya mengoptimasikan blog melalui dalam blog itu sendiri.

Dan memang demikian adanya bahwa untuk menigkatkan jumlah pageview kita tidak memerlukan backlink tapi kita memerlukan internal link building serta strategi pemasaran online secara on-page.

Pageview

Pengertian Pageview

Cara meningkatkan blog pageviewApa pageview? Pageview adalah angka yang menginformasikan kita jumlah halaman didalam blog yang dikunjungi oleh user (pengunjung blog). Contoh perhitungan pageview itu: Saya mengunjungi situs seosemantics.com ke halaman/postingan A, kemudian setelah selesai membaca postingan di halaman A saya klik/mengunjungi halaman B. Bila itu yang terjadi maka situs seosemantics.com sudah mendapatkan 2 page view dari seorang pengunjung.

Semakin banyak pageview yang berhasil didapat sebuah blog maka semakin baik pula rating visitor blog tersebut. Semakin tinggi ratingnya maka semakin mahal harganya entah itu kalau di jual atau kalau di monetize-kan menjadi blog yang menampilkan iklan.

Untungnya Punya Blog Dengan Pageview Yang Tinggi

Blog bisa mendatangkan uang yang pastinya berasal dari 2 sumber yaitu:

  1. Income dari iklan (bisa iklan banner, iklan review, iklan PPC dst)
  2. Income dari hasil penjualan blog

Income Dari Iklan

Para pemasang iklan akan mempertimbangkan jumlah pageview sebuah blog sebelum memasang iklan dengan asumsi semakin banyak pageview maka semakin tinggi pula visibilitas dari brand yang sedang di promosikannya.

Yang penting dari pemasang iklan yang sesungguhnya adalah jumlah visitor dan jumlah pageview terkecuali bagi pemasang iklan yang hanya ingin mencari backlink tanpa mempedulikan pageview.

Income dari Hasil Penjualan Blog

Pernah suatu waktu saya membeli sebuah blog movie seharga Rp16.000.000,- dengan jumlah visitor dan pageview yang tinggi. Dari blog movie tersebut sebenarnya sudah ada income dari PPC Google Adsense dengan kisaran antara 10-15 USD perhari. Lalu satu bulan setelah saya membeli blog movie tersebut kemudian saya jual lagi dengan harga Rp85.000.000,-.

Beli Rp16.000.000 jual Rp85.000.000,- berapa juta income yang saya dapat dari penjualan blog movie tersebut bisa anda hitung sendiri. Dan sekarang blog movie tersebut di monetize-kan lagi dengan iklan-iklan banner (303) dengan raihan income >15 jt perbulan. Tertarik bukan? lantas! bagaimanakah cara yang paling efektif untuk menambah jumlah pageview blog? ikuti tips dibawah ini.

Cara Menambah Pageview Blog

Cara meningkatkan Pageview blogspot

Pageview Blog

Cara menambah pageview blog itu mudah tapi cara yang mudah itu terasa berat sekali karena dibutuhkan kerja keras otak untuk mengkreasikan konten yang bisa saling berhubungan satu sama lainnya. Saran yang dapat saya berikan untuk anda ialah:

  1. Fokus pada niche
  2. Fokus pada kualitas konten dan Fokus pada keyword
  3. Fokus pada internal link
  4. Fokus pada performa web server

Fokus Pada Niche

Orang yang datang ke blog saya ini tentu orang yang ingin belajar SEO, ingin mendapatkan pengetahuan tentang SEO dan ingin menjadi orang yang ahli SEO bukan? maka akan lebih bermanfaat untuk meningkatkan pageview bila seluruh konten didalam blog saya ini berisikan tentang SEO karena kalau dicampur dengan niche lain semisal berisi konten tentang berita bola atau artikel wisata tentu tidak nyambung yang berimbas pada jumlah pageview yang kecil.

Ketika anda datang ke blog saya ini karena ingin mencari informasi tentang cara meningkatkan pageview kemudian anda lihat ada artikel lain yang berjudul misalnya:

  1. cara menambah jumlah pengunjung blog
  2. cara memperbanyak pengunjung blog dengan software
  3. cara melihat orang yang membaca blog kita
  4. cara melihat statistik blog orang lain

Maka saya dapat memprediksi anda akan mengklik artikel-artikel saya yang lain tersebut karena masih memiliki kesamaan niche. Atau bahkan anda mengklik artikel saya yang lainnya yang benar-benar tidak ada hubungannya dengan pageview ataupun visitor web seperti misalnya:

  1. kata kunci negatif adalah
  2. cara membuat backlink sendiri
  3. cara membuat link internal di blog

Bisa saya jamin anda tidak akan mengklik dan membaca artikel saya yang lain jika artikel tersebut berjudul: cara membuat bakso, cara bikin nasi goreng betawi, cara berwisata ke pulau tidung dst dsb.

Fokus Pada Kualitas Konten dan Keyword

Riset Keyword Untuk Artikel Blog

Riset Keyword Untuk Artikel Blog

Google algorithm terbaru ini sangat-sangat menitik beratkan pada kualitas konten. Sayangnya saya belum banyak menulis dan berbagi informasi tentang konten dan mudah-mudahan akan saya tuliskan juga untuk anda di lain waktu.

Konten yang berkualitas akan membawa url postingan anda ke halaman pertama Google dan ini adalah sebuah pintu masuk kearah peningkatan jumlah pageview. Saya pikir anda cukup bermain pada sebuah niche konten tertentu menggunakan keyword yang memiliki jumlah penelusur yang tinggi.

Keyword yang berkualitas dengan jumlah penelusur yang tinggi ditambah dengan konten yang berkualitas dan nihce yang saling mendukung (lihat: tulisan saya tentang LSI keyword) maka saya jamin blog anda akan kebanjiran pageview.

Fokus Pada Internal Links

Cara meningkatkan jumlah pageview WordPress

Cara meningkatkan jumlah pageview WordPress

Seluruh SEO master sepakat bahwa kesuksean anda menjadi seorang blogger tergantung dari bagaimana cara anda membangun internal link.

Internal link bisa berupa:

  1. Navigasi (menu)
  2. Link kategori
  3. Link tag
  4. Link related post

Semakin mudah visitor blog menggunakan blog anda maka semakin besar pula jumlah pageview yang bisa anda dapat.

Oleh karena itu pageview ini berhubungan erat dengan SEO on page dan sepintar anda mengelola ide-ide yang kemudian di tuangkan kedalam artikel lalu di posting di blog.

Fokus pada performa web server

KVM VPS Hosting

KVM VPS Hosting

Semakin tinggi jumlah visitor blog dan jumlah pageview blog kita maka semakin berat pula pekerjaan web server dalam melayani permintaan pengunjung. Oleh karena itu untuk meminimalisir blog down karena jumlah traffic dan pageview yang tinggi maka anda harus memperhatikan kinerja web server anda.

Saya sangat menyarankan agar anda menggunakan VPS dari Digital Ocean atau Vultr karena harganya murah dengan spesifikasi web server yang tinggi. Dengan VPS tersebut maka tingginya traffic dan pageview blog tidak membuat server menjadi down.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat