Apa LSI Keywords? Baca Pengertian dan Contoh LSI Keyword Ini

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
hasil generate keyword related

Apa LSI Keywords? Baca Pengertian dan Contoh LSI Keyword Ini

Apa LSI Keywords?  LSI keywords itu adalah Latent semantic indexing yang kemudan disingkat menjadi LSI. Fungsi dari LSI keywords ini pada dasarnya adalah untuk mempermudah search engine (Google) untuk menentukan isi konten. Namun dalam perkembangannya Google menambahkan LSI keyword ini kedalam algorithm sistem perangkingan website. Oleh karena itu tidak heran apabila kita banyak menemukan blog yang bisa berada di ranking yang tinggi tanpa dibantu dengan backlink yang banyak.

LSI Keywords

Semakin baik kita menggunakan LSI keywords maka ia bisa menandakan sebuah konten yang terdapat di halaman web memiliki kualitas yang baik pula. LSI keywords ini adalah jawaban sekaligus solusi teknis SEO “zaman purba” yang mengandalkan keyword density, alt image, heading, bold, italic, underline dst. Namun! hal ini bukan berarti kita meniadakan keyword density tapi LSI keywords ini untuk melengkapi konten saja agar konten menjadi lengkap dan kaya karena berisi LSI keywords. Bagaimana cara mendapatkan LSI keywords? dan bagaimana pula cara membuat konten berisi LSI keywords? ada contohnya? maka lanjutkan membaca artikel ini dan artikel ini ada hubungannya dengan artikel saya terdahulu tentang cara onpage SEO silahkan dibaca.

Sebagian SEO master atau internet marketing memaknai pengertian LSI keywords sebagai related keyword apakah ini benar? ya! benar! tapi tidak 100% benar bila hanyak mengandalkan related keyword tanpa mau membedah lagi setiap related keyword yang sudah kita dapatkan. Contoh sederhana dari LSI Keywords ini adalah sebuah konten yang berisi secara lengkap segala informasi yang berhubungan dengannya.

Contoh Penggunaan LSI Keywords

Saya ambil contoh sebuah konten yang membahas atau berisi keyword tentang “Pulau Tidung” misalnya. Maka yang harus ada didalam konten tentang Pulau Tidung bila kita menggunakan LSI Keywords itu adalah:

  1. Apa yang disebut dengan Pulau Tidung? (jabarkan kalau Pulau Tidung itu adalah sebuah nama pulau tempat wisata berjenis wisata bahari)
  2. Dimana lokasinya? (isi dengan letak geografis Pulau Tidung)
  3. Ada apa disana? (isi secara detail tentang segala yang ada disana seperti fasilitas umum dan fasilitas khusus)
  4. Bagaimana cara pergi kesana? (isi dengan lengkap pilihan lokasi keberangkatan, jenis transportasi, waktu berangkat, lama perjalanan dst)
  5. Akomodasi disana? (isi dengan fasilitas yang berkaitan dengan akomodasi)
  6. Paket wisata? (isi dengan harga dan isi dari paket wisata)
  7. Aktivitas wisata? (isi dengan kegiatan dan aktivitas wisata)
  8. Apakah memiliki icon? (isi dengan hal-hal yang paling menarik atau hal yang menjadi ciri khas dari tempat wisata tersebut dalam kontek wisata Pulau Tidung bisa diisi dengan: jembatan cinta)
  9. Dst

Dalam menggunakan LSI Keywords tentu berbeda dengan related keyword karena LSI pastinya akan berisi hal-hal yang lebih detail lagi dibandingkan dengan related atau dengan pengertian related keyword itu hanyalah judul dari sebuah topik yang mana topiknya adalah berisi LSI Keywords itu sendiri. Bingung? maka lihat gambar dibawah ini:

Contoh LSI Keyword 1

Gambar diatas adalah contoh related keyword yang bisa anda pergunakan sebagai materi dari konten yang akan anda buat. Setiap related keyword tersebut tentunya harus di jabarkan kedalam sebuah paragraph bukan? nah penjabarannya tersebutlah apa yang kita sebut dengan LSI keywords.

Pada dasarnya untuk bisa memanfaatkan LSI keywords ini anda harus mempelajari SEO lebih detail lagi karena ia berhubungan dengan hal-hal lainnya seperti misalnya: long tail keyword, negative keyword, localize keyword (baca artikel ini untuk yang mau belajar SEO secara otodidak).

Cara Mendapatkan LSI Keywords

LSI Keywords dapat anda dapatkan melalui beberapa cara seperti misalnya Google keyword suggestion tool, ubbersuggest atau lsigraph.com atau situs-situs lainnya yang bisa dengan mudah anda dapatkan menggunakan keyword: LSI keywords tool, LSI keywords generator dan lain sebagainya. Sebagai contoh silahkan gunakan ubersuggest caranya: kunjungi https://neilpatel.com/ubersuggest/ kemudian ketik/isi seperti pada gambar dibawah ini:

Google keyword generator tool

Setelah mengisi dan menentukan keyword lanjutkan dengan klik look up maka hasilnya seperti gambar contoh dibawah ini:

hasil generate keyword related

Anda bisa juga untuk memfilter keyword apa saja yang benar-benar anda ingini dengan cara mengetikan didalam kotak “filter result” atau masukan kedalam negative keywords. Kemudian select all, copy all atau export ke file .csv excel.

simpan hasil generate keyword

Keuntungan Menggunakan LSI Keyword

Keuntungan utama bila anda menggunakan LSI keywords ini adalah maka konten akan mendapatkan nilai plus di mata Google dan dianggap sebagai konten yang berkualitas karena berisi materi yang sangat lengkap dibandingkan dengan konten yang hanya berisi pengulangan-pengulangan keyword (keyword stuffing).

Terkadang tanpa menggunakan backlink sekalipun didalam persaingan yang tinggi konten blog anda bisa berada dihalaman yang baik walau tidak berada di halaman pertama atau halaman kedua Google.

Akan lebih baik apabila konten sudah dilengkapi dengan LSI keywords kemudian ditambah lagi dengan internal link, konten yang unik dengan judul yang unik juga dan terakhir ditambahkan dengan backlink (baca artikel: cara mencari backlink).

FAQ

  1. Apakah kalau saya menerapkan LSI ini maka secara otomatis blog post saya bisa naik halaman pertama? belum tentu! karena semua tergantung dari bagaimana cara anda menerapkan LSI dan tentu saja dari tingkat persaingan.
  2. Apakah perlu diberikan backlink? tergantung kondisi dari persaingan keyword yang anda buat.
  3. Berapa jumlah kata didalam konten yang bagus? tidak ada ketentuan baku berapa jumlah kata yang harus ada didalam sebuah konten tapi umumnya SEO master merekomendasikan setidaknya ada 400 kata dan malah ada yang bilang harus 1800 kata lebih.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Blog Tempat Belajar SEO Online
WhatsApp chat